Metode PAIKEM untuk Meningkatkan Minat Baca

Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Wilfrida Leltakaeb SMP Negeri Satap Oehoma
  • Maria Ermilinda Dua Lering IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Lodovikus Lombo SMPN Satap Mbaing Tasik
  • Rimasi IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.56741/pbpsp.v2i02.268


Keywords:

Bahasa Indonesia , Literasi, Minat baca, PAIKEM

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat baca dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satap Oehoma, Nusa Tenggar Timur ketika menggunakan metode PAIKEM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena dapat menggambarkan dan atau mendeskripsikan karakteristik dari fenomena. Metode PAIKEM dipilih untuk mengetahui minat baca karena metode ini menjadikan peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan materi pembuatan dan mewarnai slogan, membuat piramida cerita, membaca fabel, dan permainan menemukan istilah. Pelaksanaan metode ini ternyata membuat minat membaca peserta didik menjadi lebih baik sepuluh peserta bisa membaca, enam dari lima belas peserta didik belum lancar membaca dua puluh peserta didik memiliki kemauan untuk membaca dan belajar membaca, lima peserta didik  butuh motivasi lebih.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wilfrida Leltakaeb, SMP Negeri Satap Oehoma

adalah guru di SMP Satap Negeri Oehoma, Desa Bijaepasu, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Ia lahir pada tahun 1986. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Wilfrida berkarir di bidang pendidikan sebagai guru. Ia memiliki keahlian yang luas dalam bidang bahasa Indonesia dan telah mengajar selama beberapa tahun. Selain mengajar, Wilfrida juga terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah dan masyarakat setempat, seperti mengajar di kelompok belajar anak-anak dan membantu kegiatan sosial di desa. (email: leltakaeb86@gmail.com).

Maria Ermilinda Dua Lering, IKIP Muhammadiyah Maumere

adalah seorang dosen di IKIP Muhammadiyah Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Ia lahir pada tahun yang tidak diketahui dan telah menyelesaikan pendidikan Magister Pendidikan di salah satu universitas ternama di Indonesia. Beliau terkenal dengan dedikasinya dalam memberikan pengajaran yang berkualitas. Selain mengajar, ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan literasi seperti seminar dan workshop. Ia telah menerbitkan beberapa buku yang berkaitan dengan pendidikan dan literasi, seperti buku panduan untuk pembelajaran dan buku cerita anak. Selain itu, dia aktif dalam berbagai kegiatan sosial di masyarakat setempat. (email: marlinlering@gmail.com).

Lodovikus Lombo, SMPN Satap Mbaing Tasik

lahir pada tanggal 4 Juli 1985 di Tedhing, sebuah desa kecil di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Saat ini, Lodovikus Lombo aktif sebagai seorang guru di SMPN SATAP Mbaing Tasik, sebuah sekolah menengah pertama yang terletak di Desa Waelokom, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur. Ia telah mengajar selama beberapa tahun dan memiliki keahlian dalam bidang pendidikan.Selain menjadi seorang guru, Lodovikus Lombo juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial di masyarakat setempat. Ia sering terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan memberikan bimbingan kepada masyarakat dalam hal pendidikan. (email: matapandang96@gmail.com). 

Rimasi, IKIP Muhammadiyah Maumere

adalah seorang dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Muhammadiyah Maumere, Nusa Tenggara Timur. Rimasi memiliki pengalaman dalam mengajar dan berkontribusi pada pengembangan kurikulum di program studi tersebut.Selain aktif sebagai dosen, Rimasi juga terlibat dalam kegiatan literasi. Dia telah menerbitkan beberapa buku dan sering menjadi pembicara dalam seminar dan lokakarya terkait dengan literasi dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. (email: email: rimasi3344@gmail.com).

References

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144-161.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., ... & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139-1148.

Adnan, M. (2017). Urgensi penerapan metode PAIKEM bagi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 133-150.

Simbolon, E., Tibo, P., & Matondang, R. H. (2021). Efek Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan terhadap Prestasi Akademik Pendidikan Agama Katolik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Swasta Santo Xaverius 2 Kabanjahe. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 138-148.

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis eksposisi. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 74-80.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235-248.

Lestari, P. W. (2021). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 106-111.

Hasriani, H. (2016). Pengaruh Kebiasaan Menonton Televisi Terhadap Minat Baca Peserta didik Kelas VIII di Perpustakaan SMP Negeri 1 Enrekang (Doctoral dissertation), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Salimah, N. H., & Rusdan, I. H. (2021). Hubungan Intensitas Menonton Televisi dengan Minat Baca Peserta didik (Kajian di Masa Pandemi Covid-19). JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(2), 97-107.

Lina, V. B., & Sadipun, B. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV di SDK Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 370-380

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Sumarno, Y., Christi, A. M., Gracia, F. Y., Runesi, A., & Timadius, H. (2021). Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 226-244

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi peserta didik sekolah dasar. Deepublish.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Deepublish.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Leltakaeb, W., Lering, M. E. D., Lombo, L., & Rimasi. (2023). Metode PAIKEM untuk Meningkatkan Minat Baca: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 2(02), 44–51. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v2i02.268

Plaudit