Pondok Baca dengan Pemberdayaan Hasil Hutan untuk Peningkatan Minat Baca Anak

Authors

  • Maria Fatima IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yuliana Hale IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Maria Ermelinda Dua Lering IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i02.201


Keywords:

hasil hutan, minat baca, pemberdayaan, rural area

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan hasil hutan dalam pembangunan pondok baca untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Wairterang, NTT. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer (wawancara, observasi) dan sekunder (dokumen, buku). Teknik analisis dilakukan dengan tahapan data dikumpulkan, dikelompokkan, disajikan, dan diambil kesimpulan. Faktor penyebab minat baca anak-anak yang rendah adalah kemalasan, bimbingan yang kurang, fasilitas yang terbatas, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan yang rendah. Upaya meningkatkan minat baca anak-anak adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan rumah baca yang memanfaatkan hasil hutan dan sosialisasi pada masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Maria Fatima, IKIP Muhammadiyah Maumere

Maria Fatima adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, Indonesia. Ia lahir di Kewapante, 24 September 1997. (email: virginiaimha@gmail.com).

Yuliana Hale, IKIP Muhammadiyah Maumere

Yuliana Hale adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, Indonesia. Ia lahir di Riidueng,07 Mei 1999. (email: nonayelimaria@gmail.com).

Maria Ermelinda Dua Lering, IKIP Muhammadiyah Maumere

Maria Ermelinda Dua Lering adalah dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesai, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, Indonesia. Ia aktif dalam berbagai kegiatan peningkatan literasi baik dari pemerintah atau masyarakat. Telah banyak karya yang dia hasilkan dalam bentuk buku. (email: marlinlering85@gmail.com).

References

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Dacholfany, M. I. (2018). Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan non-formal. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 43-74.

Pandapotan, S. (2018, October). Pengembangan model kampung literasi untuk meningkatkan motivasi pendidikan dan minat membaca masyarakat desa kolam kab. Deli serdang. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Senmaster 2018) (pp. 315-326). Universitas Terbuka.

Mardliyah, A. A. (2019, February). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171-176).

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 38-55.

Muri’ah, D. H. S., & Wardan, K. (2020). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Literasi Nusantara.

Napitupulu, B. (2020). Peranan Ditpolair pada Program “Pondok Baca Melek Huruf” dalam Peningkatan Minat Baca dan Prestasi Masyarakat Palangkaraya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Hutri, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gerakan Literasi di Taman Baca Masyarakat Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 5(1), 142-164.

Rakhmadani, R. (2021). Komunikasi Pembangunan Partisipatif dalam Pengembangan Desa Wisata Sajen Edu Adventure melalui Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(1), 33-44.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Fatima, M., Hale, Y., & Lering, M. E. D. (2022). Pondok Baca dengan Pemberdayaan Hasil Hutan untuk Peningkatan Minat Baca Anak. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 1(02), 53–59. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i02.201

Plaudit