Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Kuning Melalui Program Kelas Akhir

Authors

  • Wahyudi Efendi MA. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan
  • Muhammad Arfan Mu’ammar Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56741/pbpsp.v2i01.87


Keywords:

Kelas Akhir, Kemampuan Membaca, Kitab kuning, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya peningkatan kemampuan membaca kitab kuning  dengan strategi tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mencakup metode pembelajaran yang digunakan, kendala, dan upaya perbaikan di MA Mambaul Ulum Bata Bata, Pamekasan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning mencakup metode klasik dan metode yang dianjurkan kurikulum pendidikan nasional. Metode tersebut seperti halaqoh yang terdiri dari komunitas kecil, bandongan atau wetonan yang dipimpin oleh guru, dan sorogan yang siswa aktif menyetorkan bacaan dan hafalan. Selain juga ada metode diskusi, debat, dan resitasi. Langkah antisipatif untuk menghadapi hambatan belajar adalah memberi bimbingan tambahan, menyertakan siswa kelas akhir dalam berbagai perlombaan. Selain itu, madrasah memasukkan materi kitab kuning ke dalam mata pelajaran kelas yang dievaluasi secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyudi Efendi, MA. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan

Wahyudi Efendi lahir di Sampang pada tanggal 18 April 1996. Pendidikan sarjana diperoleh dari Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan. Pendidikan magister diperoleh dari Universitas Muhamadiyah Surabaya pada bidang Pendidikan Agama Islam. Pernah menjadi Direktur BBEC (Bata-Bata English Centre). Saat ini menjadi Guru Pengajar di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata. (email: wahyudiefendi02@gmail.com).

Muhammad Arfan Mu’ammar, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Muhammad Arfan Mu'ammar adalah dosen Pendidikan Islam yang mengajar di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Saat ini beliau adalah Ketua Program Magister Pendidikan Islam. Beliau telah menerbitkan lebih dari delapan buku dan banyak artikel baik di jurnal nasional maupun internasional. Saat ini juga menjadi reviewer beberapa jurnal di bawah Indonesian Institute of Science and Technology Review. (email: arfanmuammar@fai.um-surabaya.ac.id).

References

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53-69.

Ismunandar, A. (2020). Dinamika Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Transformasi Sosial Masyarakat. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 205-219.

Ainusyamsi, F. Y., & Husni, H. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia melalui Pendidikan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 51-60.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Masni, H. (2018). Urgensi pendidikan dalam mengembangkan potensi diri anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 275-286.

Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 37-44.

Takdir, M. (2018). Modernisasi kurikulum pesantren. IRCiSoD.

Anisah, A. (2019). Dinamika Pendidikan Pesantren. FIKROTUNA, 10(02), 1271-1291.

Syafe'i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82.

Masruroh, B., & Wathoni, S. (2019). Peran Kiai Dalam Perlindungan Sosial (Studi Kegiatan Yatiman Di Pondok Pesantren Al-Kholily Ma’unah Sari Pilang Sampung Ponorogo). Journal of Community Development and Disaster Management, 1(2), 79-89.

Taufiqurrohman, M. (2019). Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur'an santri Melalui Pembelajaran Kitab Hidayat Al-Shibyan Di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Awwaliyah, N. M. A. (2019). Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Di Era Generasi Millenial. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 8(1), 36-62.

Jailani, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 1(01), 7-14.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2), 13-20.

Mahaardhika, I. M., & Dharma, I. D. A. E. P. (2022). Motivasi Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Edukasi Indonesia, 1(01), 24-29.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Efendi, W., & Arfan Mu’ammar, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Kuning Melalui Program Kelas Akhir . Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 2(01), 1–10. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v2i01.87

Plaudit