Pengetahuan dan Kesiapan Ibu Pramenopause Menghadapi Gejala Vegetatif Masa Menopause

Main Article Content

Sisi Mardiyanti
Dian Eka Januriwasti

Abstract

Pramenopause merupakan masa dimana tubuh mulai bertransisi menuju menopause. Masa ini bisa terjadi selama 28 tahun, dan ditambah 1 tahun di akhir menuju menopause. Masa pramenopause biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, tetapi banyak juga yang mengalami perubahan ini saat usia masih di pertengahan 30 tahun. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terdapat 32 ibu pramenopause dengan usia 40-50 tahun dan kurangnya kesiapan ibu dalam menghadapi menopause seperti ibu tidak memperhatikan gaya hidupnya, tidak berolahraga secara teratur, kurangnya makanan yang bergizi, ibu hanya makan dengan menu seadanya, dan ibu sering stres karena banyak fikiran. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan pengetahuan dengan kesiapan ibu pramenopause menghadapi gejala vegetatif masa menopause. Desain penelitian menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel dependen tingkat penegtahuan. Variabel independen kesiapan menghadapi gejala vegetatif masa menopause. Populasi 32 responden, sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Uji statistik menggunakan uji Spearman Rank dengan (a=0.05). Penelitian ini sudah di uji etik oleh tim KEPK STIKes Ngudia Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian pengetahuan tentang menopouse sebagian besar menunjukan kurang. Kesiapan masa menopouse sebagian besar menunjukan tidak siap. Setelah dilakukan uji statistic Spearman Rank dengan hasil uji (p=0,000) < (a=0.05). Demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan tantang menopause kurang dengan kesiapan ibu pramenoapuase menghadapi gejala vegatatif masa menopause. Diharapkan kepada responden untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan baik dan benar supaya dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi pramenoapuase dan gejala vegatatif masa menopause.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiyanti, S., & Januriwasti, D. E. (2022). Pengetahuan dan Kesiapan Ibu Pramenopause Menghadapi Gejala Vegetatif Masa Menopause. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 1(02), 47–52. https://doi.org/10.56741/bikk.v1i02.124
Section
Articles
Author Biographies

Sisi Mardiyanti, STIKes Ngudia Husada Madura

Sisi Mardiyanti adalah alumni dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura, Indonesia. Ia bekerja sebagai Bidan di Dakiring Gunungan, Madura, Indonesia. Kegiatan sehari-harinya memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. (email: sisimardiyanti26@gmail.com).

Dian Eka Januriwasti, STIKes Ngudia Husada Madura

Dian Eka Januriwasti, M.PH. dosen dan peneliti senior di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura, Indonesia. Selain itu, beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di institusi yang sama. Bidang riset beliau adalah kesehatan masyarakat, penyakit menular, HIV/ AIDS, dan herbal untuk kewanitaan. (email: dianeka.januriwasti@gmail.com).

Received 2022-08-31
Accepted 2022-09-01
Published 2022-09-01

Plaudit

References

A. Agustiawati and S. H. Sulistiyaningsih, “Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Premenopause terhadap Kesiapan dalam Menghadapi Masa Menopause di Desa Padangan Kecamatan Winong,” Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, vol. 8, no. 2, pp. 25–31, 2017.

M. Estiani and C. Dhuhana, “Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Wanita Pramenopause Terhadap Sikap Menghadapi Menopause di Desa Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu,” Jurnal Keperawatan Sriwijaya, vol. 2, no. 2, pp. 101–107, 2015.

M. Pakpahan et al., Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

S. Sasrawita, “Hubungan pengetahuan, sikap tentang menopause dengan kesiapan menghadapi menopause di puskesmas pekanbaru,” Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, vol. 2, no. 2, pp. 117–123, 2017.

I. E. Suparni and R. Yuli, Menopause masalah dan penanganannya. Deepublish, 2016.

T. Rostiana and N. M. T. Kurniati, “Kecemasan pada wanita yang menghadapi menopause,” Jurnal Psikologi Volume, vol. 3, no. 1, p. 76, 2009.

I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25,” 2018.

I. Nurbaeti and N. Damiati, “Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menopause dengan Keluhan Wanita saat Menopause Di Kelurahan Cijantung Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2012”.

E. T. Susanti and U. Indrajati, “Tingkat Pengetahuan tentang Menopause dengan Kesiapan Menghadapi Menopause pada Ibu Premenopause,” Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, vol. 8, no. 2, pp. 36–45, 2022.

A. U. Qomariyati, “Hubungan Kecemasan dan Aktivitas Fisik dengan Kehidupan Seksual pada Wanita Menopause di Kelurahan Sajen Wilayah Kerja Puskesmas Trucuk I Kabupaten Klaten,” Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, vol. 2, no. 1, p. 18831, 2013.

S. T. Oklaini, M. Fahriani, R. Mirdayanti, and M. Oktarina, “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Pramenopause dengan Kesiapan pada Masa Menopause,” Jurnal Kebidanan Besurek, vol. 7, no. 1, pp. 21–27, 2022.

I. C. Nisa and D. Islamiati, “Hubungan Pengetahuan Menjelang Menopause Dengan Tingkat Kesiapan Menjelang Menopause Pada Ibu Premenopause,” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 5, no. 11, pp. 1336–1345, 2020.

I. Nurmala and S. KM, Promosi Kesehatan. Airlangga University Press, 2020.