Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.56741/bei.v1i02.89


Keywords:

Teacher Professionalism, Learning Achievement, Education

Abstract

Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila peserta didik secara aktif dan sadar terlibat dalam pengorganisasian dan penemuan informasi yang berupa pengetahuan. Guru perlu memiliki profesionalisme yang disyaratkan oleh peraturan pemerintah dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif sampel sebanyak 55 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme Guru dan Aktivitas belajar siswa berada dalam kategori cukup (72,73% untuk Profesionalisme Guru guru; 83,6% untuk Prestasi Belajar Siswa). Hasil ini didukung data observasi dan interview. Terdapat pengaruh yang positif dan substantial antara Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 75,5% dan sisanya 24,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zainal Arifin, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Zainal Arifin adalah akademisi yang tinggal di Jl. Kakak Tua, Brangsi Laren, Lamongan. Saat ini menjadi dosen di Pascasarjana Program Studi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Dia telah menulis banyak artikel, salah satunya adalah Sociological Approaches in Islamic Education Study. Minat riset pada bidang pendidikan dan sosilogi. (email: zainalarifin102018@gmail.com).

Ainul Yaqin, MI Mambaul Hikmah Waru Barat Pamekasan

Ainul Yaqin adalah akademisi yang lahir di Pamekasan pada tanggal 18 Maret 1999. Dia tinggal di Dusun Tengginah Dajah, Desa Batu Bintang, Pamekasan, Madura. Saat ini ia sedang menempuh kuliah S2 Program Studi Pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Surabaya. (e-mail: ainulyakin701@gmail.com).

References

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 1-7.

Kunandar. (2007). Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., Nurtanto, M., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sagala, S. (2009). Kemampuan professional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Batmang, B. (2016). Pendekatan Transdisipliner (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 44-54.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. 44.

Hasanah, N. (2015). Dampak kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah ibtidaiyah di kota Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 445-466.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.

Giyarsi, G. (2020). Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 224-244.

Al Fath, A. M. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan, dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Visipena, 6(1), 1-11.

Gintings, A., & Si, M. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.

Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., ... & Sitopu, J. W. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Arifin, Z., & Yaqin, A. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Buletin Edukasi Indonesia, 1(02), 39–45. https://doi.org/10.56741/bei.v1i02.89

Plaudit