Penerapan Extending Concept through Language Activities dalam Pembelajaran Bahasa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i02.86


Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Cerpen, ECOLA

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah Extending Concept through Language Activities (ECOLA). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Yogyakarta, Indonesia. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pemantauan secara partisipatif peneliti dan  kolaborator. Data diambil dengan observasi, wawancara  tertulis, dan dokumentasi. Hasil kajian ini menjelaskan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat pada keantusiasan siswa. Selain itu ada peningkatan nilai keterampilan mengembangkan teks hikayat dalam bentuk cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Veronica Endang Wahyuni, SMA Negeri 6 Yogyakarta

Veronica Endang Wahyuni merupakan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Beberapa makalah pernah dimuat di jurnal nasional dan provinsi antara lain di Jurnal WUNY, Jurnal Kata, Jurnal Pesona, Jurnal Bahastra, Prosiding Seminar Nasional & Kongres Ke-3 Ikatan Pengajar Bahasa Indonesia (Ipbi) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Finalis esai di Balai Bahasa Yogyakarta, dan finalis Best Practice tingkat nasional tahun 2013.

References

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Zalilia, L. (2019). Buku Pegangan IN/GI. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: PeNa

Agistiasari, R. (2015). Keefektifan Teknik ECOLA (Extending Concept Throught Language Activities) terhadap Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerita Anak pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo. Laporan Penelitian. UNY.

Indreswari, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Cerita Fabel Menggunakan Teknik Ecola pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sleman. Laporan Penelitian. UNY

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suherli. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Nobel Edumedia.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Wahyuni, V. E. (2022). Penerapan Extending Concept through Language Activities dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 1(02), 70–80. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i02.86

Plaudit