Analisis Fungsi dan Isi Syair Adat pada Upacara Pernikahan Kajian Budaya Lokal di Sikka, Nusa Tenggara Timur Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oktafianus Sangsun Sawa
Robertus Adi Sarjono Owon
Muhammad Lautama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan isi dari syair adat pernikahan dalam upacara pernikahan adat Sikka. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wairbleler. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, rekaman dan simak-catat. Data berupa syair dari tuturan lisan tua adat dan dari studi pustaka terkait syair Sikka. Data berupa syair dikhususkan yang terkait adat pernikahan adat. Data dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif dengan tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan syair adat pernikahan terdapat fungsi didaktif, moralitas, religius, reaktif, estetis. Isi syair meliputi nilai kesopanan, nilai ketabahan, nilai kesukarelawan, nilai keuletan, nilai tanggung jawab.

Keywords:

Adat, Budaya, Pernikahan, Syair

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Oktafianus Sangsun Sawa, IKIP Muhammadiyah Maumere

Oktafianus Sangsun Sawa lahir di Ritapiret, 22 Maret 1996. Dia adalah alumni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), IKIP Muhammadiyah Maumere dan memiliki minat pada kajian budaya lokal. (email: fianosangsun@gmail.com).

Robertus Adi Sarjono Owon, IKIP Muhammadiyah Maumere

Robertus Adi Sarjono Owon lahir di Nitakloang, 20 September 1969. Baliau pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), IKIP Muhammadiyah Maumere. Selain itu sudah banyak buku dan karya tulis yang dihasilkan diantaranya. Kajian risetnya banyak membahas kebijakan lokal (local wisdom) pada berbagai suku. (email: robertusadi99@gmail.com).

Muhammad Lautama, IKIP Muhammadiyah Maumere

Muhammad Lautama lahir di Flores Timur, 8 Juli 1963. Baliau pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), IKIP Muhammadiyah Maumere. Banyak karya ilmiah dengan kajian pada pengembangan media pembelajaran dan strategi bahasa. (email: Muhammadlautama@gmail.com).

How to Cite
Sawa, O. S., Owon, R. A. S., & Lautama, M. (2023). Analisis Fungsi dan Isi Syair Adat pada Upacara Pernikahan: Kajian Budaya Lokal di Sikka, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Genesis Indonesia, 2(01), 35–44. https://doi.org/10.56741/jgi.v2i01.149

Plaudit

References

  1. Pudentia, M. P. S. S. (Ed.). (2015). Metodologi kajian tradisi lisan (edisi revisi). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  2. Fitrah, Y. (2018). Seloko Adat Jambi: Kajian Struktur, Fungsi Pragmatik dan Fungsi Sosial. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 79-97.
  3. Marwati, A. (2015). Ungkapan tradisional dalam upacara adat perkawinan masyarakat bajo di pulau balu kabupaten muna barat. Jurnal humanika, 3(15), 1-12.
  4. Supriatin, Y. M. (2012). Tradisi Lisan dan Identitas Bangsa: Studi Kasus Kampung Adat Sinarresmi, Sukabumi. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 4(3), 407-418.
  5. Nuwa, G., & Yani, A. (2019). Analisis Struktur Batin Syair Adat Pada Masyaraka Sikka Krowe Dalam Tradisi Poto Wua Ta’a Di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur. Mabasan, 13(1), 60-76.
  6. Owon, R. A. S., & Lering, M. E. D. (2021). Analisis fungsi dan isi pantun masyarakat Desa Kopong dan relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 32-43.
  7. Badrih, M. (2018). Sastra lisan (kèjhung) sebagai tfransformasi simbol pendidikan berkarakter budaya daerah. International Good Practices in Education Diciplines and Grade Leve, 289-303.
  8. Bura, B. (2017). Analisis Struktur Dan Nilai Pendidikan Puisi Lisan Duan Moan Etnik Krowe Di Kabupaten Sikka NTT Dan Pemanfaatan Sebagai Alternative Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia Di SMA Kelas X Semester I (Doctoral dissertation, Tesis).
  9. Owon, R. A. S., & Saputra, N. (2021). The Analysis of Function and Poetry Content of Traditional Marriage in Seusina Village Community, Sikka Regency. LingLit Journal Scientific Journal for Linguistics and Literature, 2(1), 17-24.
  10. Pareira, M. (2010). Adat Istiadat Sikka Krowe Kabupaten Sikka Flores-Nusa Tenggara Timur. Maumere.
  11. Owon, R. A. S., Lering, M. E. D., & Lautama, M. (2018). Analisis Makna dan Nilai Religius Syair Adat Wotik Wawi Waten pada Masyarakat Desa Egon Gahar Kecamatan Mapitara. CARWAJI, 3(1), 30-36.

Most read articles by the same author(s)