Pengelolaan Well-being Lansia Melalui Program Integrasi Sekolah Lansia

Main Article Content

Destu Satya Widyaningsih
Sri Sugiarti
Rizky Erwanto
Dwi Endah Kurniasih
Thomas Aquino Erjinyuare Amigo

Abstract

Program Sekolah Lansia yang merupakan hasil kerjasama lembaga Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan BKKBN Provinsi DIY yang ditumbuhkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penduduk lanjut usia (lansia), salah satunya Bina Keluarga Lansia (BKL) Manunggal Asih Saptosari Gunungkidul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Program Integrasi Sekolah Lansia Dalam Bina Keluarga Lansia (ISL-BKL) pada tahapan masukan, proses dan keluarannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey untuk mengungkap aspek masukan, proses dan keluaran program. Dari hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Program ISL-BKL sesuai dengan buku panduan. Beberapa perbedaan terletak pada metode, teknis pelaksanaan, durasi dan fasilitator. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya penyesuaian kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyaningsih, D. S., Sugiarti, S., Erwanto, R., Kurniasih, D. E., & Amigo , T. A. E. (2022). Pengelolaan Well-being Lansia Melalui Program Integrasi Sekolah Lansia. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 1(02), 69–78. https://doi.org/10.56741/bikk.v1i02.147
Section
Articles
Author Biographies

Destu Satya Widyaningsih, Akademi Analis Kesehatan Manggala Yogyakarta

Destu Satya Widyaningsih adalah dosen Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, Akademi Analis Kesehatan Manggala Yogyakarta. Bidang keilmuannya adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat. Saat ini menjabat Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) di kampusnya. Aktif dalam publikasi jurnal nasional dan berpartisipasi dalam seminar nasional (email: destu.satya@gmail.com).

Sri Sugiarti, Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta

Sri Sugiarti adalah peneliti di Bidang Penelitian, Pelatihan dan Pengembangan pada Kantor Perwakilan BKKBN DIY. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan pengenai kependudukan dan keluarga berencana, kelanjut-usiaan. Beliau juga berperan sebagai pendamping kegiatan inisiasi sekolah lansia di Bina Keluarga Lansia Melati, Dayakan, Kulonprogo. Saat ini sebagai peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (email: srisugiharti590@gmail.com).

Rizky Erwanto, Yayasan Indonesia Ramah Lansia

Rizky Erwanto adalah dosen dalam bidang keperawatan keluarga, komunitas dan gerontik. Dia juga peneliti dan konsultan program keperawatan gerontik (lansia), serta penulis buku Sekolah Lansia. Saat ini sebagai Direktur program Yayasan Indonesia Ramah Lansia dan Ketua Respati Centre for Ageing Studies. (email: rizkyerwanto@gmail.com).

Dwi Endah Kurniasih, Yayasan Indonesia Ramah Lansia

Dwi Endah Kurniasih adalah peneliti, inisiator dan menjadi fasilitator program menuju dusun ramah lansia sejak 2013 di DIY serta di 23 kota seluruh Indonesia. Dia juga penulis Elderly Friendly Village German, Dusun Ramah Lansia, dan Sekolah Lansia. Saat ini sebagai Direktur Eksekutif Yayasan Indonesia Ramah Lansia. (email: dwiendah.kurnia@gmail.com).

Thomas Aquino Erjinyuare Amigo , Yayasan Indonesia Ramah Lansia

T. A. Erjinyuare Amigo adalah peneliti bidang lansia, trainer perawat Puskesmas, aktif membina lansia dan kader kesehatan lansia. Dia juga aktif di Organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia dan Ikatan Perawat Gerontik Indonesia. Penulis buku Sekolah Lansia. Saat ini sebagai Direktur Operasional Yayasan Indonesia Ramah Lansia (email: erjin.respati2009@gmail.com).

Received 2022-09-13
Accepted 2022-10-23
Published 2022-10-27

Plaudit

References

R. Amelia, “Prevalensi dan Faktor Risiko Inkontinensia Urin pada lansia Panti Sosial Tuna Werdha (PSTW) Sumatera Barat,” Health & Medical Journal, vol. 11, no, 1, 39-44, 2020.

BPS, Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021. Jakarta: BPS.go.id, 2021.

Presiden Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia,” 1998

M. dkk Dawam, “Panduan Integrasi Sekolah Lansia Dalam Bina Keluarga Lansia (ISL-BKL).” BKKBN dan IRL, Yogyakarta, p. 78 Halaman, 2020.

Kader Lansia, Profil Bkl Manunggal Asih Tritis Desa Planjan Kecamatan Saptosari. Yogyakarta: Kader Lansia Tritis, 2014.

R. Erwanto, D. E. Kurniasih, and T. A. E. Amigo, Elderly schools: Non-Formal Education Model for the Elderly. Yogyakarta: Indonesia Ramah Lansia Foundation, 2018.

R. W. Gayatri, H. E. Wardani, and T. D. Tama, “Implementasi metode demonstrasi deteksi dini penyakit tidak menular pada pengetahuan dan keterampilan kader posyandu lansia,” PROMOTIF: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 12–20, 2022, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif

W. Witono, “Community Participation in Family Resilience During the Covid-19 Pandemic,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 4, no. 3, pp. 396–406, 2020, doi: 10.31764/jmm.v4i3.2525.

R. Lestari, A. Warseno, Y. Trisetyaningsih, D. K. Rukmi, and A. Suci, “Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Mencegah Penyakit Tidak Menular Melalui Posbindu Ptm,” Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, p. 48, 2020, doi: 10.24269/adi.v4i1.2439.

Y. Armiyati, E. Soesanto, and T. Hartiti, “Pemberdayaan Kader Posbindu Lansia Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Kangkung Demak,” pp. 1–6, 2017.

R. Erwanto, D. E. Kurniasih, T. Aquino, and E. Amigo, “Pengembangan Dusun Ramah Lansia Melalui Pelaksanaan Sekolah Lansia Di Karet Kabupaten Bantul,” vol. 4, no. 6, 2020, doi: 10.31764/jmm.v4i6.3170.

B. Pangestuti, “Upaya Mewujudkan Lansia Tangguh Melalui Bina Keluarga Lansia (Studi Deskriptif Di Bkl Kecubung),” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 3, no. 2, pp.127-147, 2019.

D. S. Widyaningsih and A. Harwanto, “Kepuasan Peserta Didik terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah Lansia di Masa Pandemi,” vol. 12, no. 12, pp. 61–66, 2021.

Bustami, Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksebtapilitasnya. Yogyakarta: Erlangga, 2011.

K. M. Ashifa, A. Professor, and I. S. Work, “Effect Of Social Network on Life Satisfaction Among Elderly People: An Empirical Analysis,” 2022. [Online]. Available: http://journalppw.com